Langkah Menjaga Motor Matic Supaya Tahan lama

Di Indonesia, tren pemakaian motor matic sudah massif. Baik wanita atau lelaki telah wajar memakai motor itu, sampai pangsa pasarnya juga menaklukkan motor bebek dan motor sport.

Tidaklah aneh jika banyak pabrik motor yang berada di negeri ini berlomba pasarkan motor matic-nya. Seperti Honda yang keluarkan motor Vario satu diantaranya. Kita pasti sudah mengenal sama ini motor yang disebut keluaran dari merk terkenal honda dengan bermacam type seperti Bario 110, Vario Techno 125, sampai Vario 150 yang memiliki mekanisme pembakaran karburator atau injeksi.

Sayang, banyak warga kita cuma dapat untuk menunggangi motor vario matic saja, tapi kurang memerhatikan perawatan motor matic. Motor baru atau sisa, kenyataannya perlu perawatan untuk membikin kendaraan ini masih tetap tahan lama. Tak perlu disesalkan, kenyataannya tidak seluruhnya orang pahami akan bagaimana keadaan mesin bermotor matic yang bagus.

Jadi jika anda sebagai pemakai motor matic kemungkinan panduan mengenai langkah menjaga motor matic ini kali bisa diterapkan di dalam rumah supaya mesin bermotor tetep tahan lama serta awet. Karena itu silahkan langsung kita baca langkah menjaga motor matic vario techno 125 selengkapnya di bawah ini, Tidak boleh cemas, panduan ini dapat juga diterapkan untuk menjaga motor Vario 110, motoy Vario 150, atau motor matic yang lain pada keadaan apa saja.

Tetapi penting diingat, walau hampir sama dengan perawatan motor secara umum, perawatan motor matic yang memakai mekanisme pembakaran karbulator atau injeksi memerlukan perawatan khusus yang lebih tekun.

Teratur panasi mesin bermotor pada pagi hari

Memanasi motor ialah sebuah langkah menjaga dengan memanasi mesin supaya oli dalam mesin siap memulasi mesin hingga kinerja dari mesin itu lebih optimal. Langkah memanasi motor matic yang bagus ialah panasi motor lebih kurang 5 menit sampai 10 menit dan seharusnya memakai kick stater saja bila memakai stater elektrik tentu saja semakin lebih banyak kurangi bateray dari motor itu.

BACA JUGA  Langkah Mendidik Anak dengan Baik Yang Wajib Dipahami

Tukar oli secara periodik

Perawatan motor matic yang ini termasuk hal terpenting, karena itu sebagai perawatan kerjakan sesuai agenda penggantian oli yang umumnya dilaksanakan tiap 1000 km dan untuk penggantian oli transmisi motor (oli gardan) optimal saat motor telah capai 5000 km. Jika referensi km untuk tukar oli lupa seharusnya kerjakan perawatan teratur ini tiap 2 sampai tiga bulan sekali dan janganlah lupa untuk memakai oli yang sesuai detail motor matic yang anda punyai.

Tidak boleh Kekurangan Bensin

Dalam jaga dan menjaga motor matic rutinitas jelek yang umum terjadi ialah motor matic sampai kekurangan bensin. Janganlah sampai motor matic stop dijalan karena bensin habis karena bisa menghancurkan mesin bermotor itu. Ditambah pada motor matic injeksi. Karena itu upayakan selalu motor matic janganlah sampai memberikan tanda E pada speedometer dan biasakankan motor berisi bahan bakar yang full untuk memperhitungkan hal itu.

Cek keadaan vanbelt dan roler

Keutamaan akan mengecek keadaan vanbelt sebagai hal yang jangan untuk ditinggal untuk pemilik motor matic. Keadaan vanbelt yang memiliki bahan yang dibuat dari karet dicemaskan akan putus di tengah-tengah jalan yang menyebabkan motor stop dan tidak dapat jalan kembali. Bila menjadi kewajiban untuk menukar vanbelt itu seharusnya pakai suku cadang yang orisinal hingga membuat motor matic lebih terjaga karena tentu lebih tahan lama.

Perawatan AKI

Tidak gampang untuk ketahui keadaan accu yang ada pada motor matic, hingga tiap pemakai motor matic sebagian besar pernah motornya alami Mati AKI. Bila hal tersebut terjadi, pasti anda akan kehilangan power dari motor disamping itu sinar lampu akan menyusut, dan yang paling menyebalkan bila accu motor matic mati ialah di saat menghidupakan motor harus memakai kick starter yang membuat kita berasa semakin banyak keluarkan tenaga. Maka dari itu, dianjurkan seharusnya beberapa pemakai harus menukar AKI dalam 7 – delapan bulan sesudah pergantian paling akhir.

BACA JUGA  4 Langkah Membuka Peluang Usaha

Stabilkan Kecepatan Gas

Umumnya ini kerap dilakulan oleh pemakai motor matic, yaitu saat kecepatan motor pada keadaan cepat secara datang – datang turunkan gas demikian juga kebalikannya. Karena, tanpa diakui ini akan menghancurkan periode usia mesin. Dengan kecepatan yang kurang konstan tidak cuma akan menghancurkan mesin tetapi sampailah pada vanbelt motor.

Tukar Oli Shockbreaker

Oli memang tidak cuma ada pada mesin bermotor saja, tetapi oli ada pada shockbreaker. Maka dari itu memerlukan penggantian dengan arah tidak lain supaya keadaan shock motor tetep berperan secara normal. Untuk agenda penggantian oli Shock Motor dapat ditukar tiap motor capai 10000KM.